TINGKATKAN PROFESIONISME PENGELOLAAN, PEMDES KANGGA LAKSANAKAN PELATIHAN PENGURUS BUMDES BERBASIS APLIKASI

01 September 2025
Administrator
Dibaca 92 Kali
TINGKATKAN PROFESIONISME PENGELOLAAN, PEMDES KANGGA LAKSANAKAN PELATIHAN PENGURUS BUMDES BERBASIS APLIKASI

Bima, Kangga.id - Dalam Rangka Meningkatkan Profesionalisme Pengurus BUMDes Terhadap Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa, Pemerintah Desa Kangga Kecamatan Langgudu melaksanakan Pelatihan Pengurus BUMDes tentang Management Pelaporan Administrasi Keuangan BUMDes berbasis Aplikasi, Senin pagi (01/09/2025). 

Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Kantor Desa Kangga, Kepala Desa Kangga, Nufrin,M.D,S.Sos menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat tata kelola BUMDes agar lebih transparan dan akuntabel. “Mengingat Pengurus BUMDes baru peremajaan, melalui pelatihan kami berharap pengelolaan BUMDes yang baru memiliki Pengetahuan lebih baik lagi, terutama dalam hal penyusunan Laporan Keuangan BUMDes, sehingga BUMDes berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat, ”ujarnya.

Adapun Narasumber dalam pelatihan ini hadir dari Perwakilan Dinas PMD Kab. Bima Bidang Ekonomi yakni Bapak Abubakar, S.Sos (Kasi Ekonomi) bersama Bapak Slamet, S.S. 

Hadir pula dari Tenaga Pendamping Profesional TAPM Kabupaten Bima, yakni Bapak Susanto Saputra selaku Kordinator TAPM Kabupaten Bima yang difasilitasi oleh PLD Desa Kangga, Kamaruddin, S.Pd.

Dalam materinya Bapak Abubakar, S.Sos menekankan pentingnya profesionalisme dalam pengelolaan BUMDes untuk memajukan ekonomi desa.

"Belajar dari BUMDes sebelumnya, kita berharap BUMDes yang sekarang harus mampu memahami Penyusunan Laporan Keuangan, terutama berkaitan dengan Program Ketahanan Pangan 20℅" ucapnya. 

Menurutnya, BUMDes harus mampu menggali potensi desa secara optimal agar mampu bersaing di pasar lokal maupun regional, terutama potensi Lokal dalam mendukung Program Ketahanan Pangan. 

Selain itu dijelaskan juga tentang tugas dan fungsi BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa. 

Lebih lanjut, pada materi Praktek Management Pelaporan Administrasi Keuangan berbasis Aplikasi, TPP TAPM Kab. Bima, Susanto Saputra bersama PLD Desa Kangga, Kamaruddin, S.Pd memberikan penjelasan dan Praktek Pengentrian mengenai administrasi keuangan BUMDes (Double Entry) berbasis Aplikasi. 

Ia menekankan pentingnya pencatatan keuangan berbasis Aplikasi yang baik untuk memastikan keberlanjutan usaha sesuai PP 11/2021, dan Permendes 03/2021. “Tanpa administrasi yang jelas, BUMDes akan kesulitan dalam pengelolaan keuangannya, apalagi sekarang BUMDes harus mengelola Kegiatan Ketahanan Pangan, jadi wajib menguasai Penyusunan Laporan administrasi keuangan double entry. sekali input semua akun Bumdes seperti Aset, utang, modal, pendapatan, dan beban bumdes dan laporan Neraca Saldo BUMDes terinput lengkap” ungkapnya.

Pelatihan yang dimulai pukul 09.30 wita hingga pukul 15.45 wita ini terlihat peserta antusias mengikuti pelatihan.

Pelatihan ini juga diisi dengan simulasi dan sesi tanya jawab, di mana para peserta antusias berdiskusi dengan narasumber terkait berbagai masalah yang mereka hadapi dalam operasional BUMDes sehari-hari terutama berkaitan dengan kelengkapan dokumen pencairan ketahanan pangan, Proposal, Program Kerja, RAB Kegiatan Ketahanan Pangan 20℅ dan proyeksi laba-rugi berbasis aplikasi. 

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengurus BUMDes dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara lebih profesional. 

Hadir dalam pelatihan, Pengurus BUMDes melalui dari Direktur, Bendehara BUMDes, Kepala Unit, Dewan Pengawas, Dewan Penasihat. Hadir pula, Unsur BPD, sekretaris Desa, Perangkat Desa dan Operator Desa. (red/SID Kangga)